National Coremap | Home | Webmail | Kontak Kami | Buku Tamu
English Version
Diskusi
Links


Meta Data
Peta Kabupaten
Data Pokok Pembangunan Daerah
Perpustakaan
Video
Data Kepegawaian
Peraturan/Undang-Undang
Galeri Foto


Kegiatan
Kesehatan Karang
Sosial Ekonomi
CREEL
Riset Agenda Daerah
Pelatihan
 





Lain-Lain
Menjaga Terumbu Karang - Para siswa SD di Papua diajari cara menjaga kelestarian terumbu karang dibangku sekolah.
06 Mei 2007

Rumansara belajar menjaga kelestarian terumbu karang. Murid SD Anggaduber di Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, itu beruntung karena di sekolahnya memang ada mata pelajaran mengelola terumbu karang.

''Menjaga kelestarian terumbu karang serta memelihara kebersihan lingkungan alam merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang sudah diberikan guru kepada siswa,'' ujar Rumansara. Menjaga terumbu karang sengaja dijadikan mata pelajaran muatan lokal sejak 2001 di Papua. Beruntung sekali ya, teman-teman belia di Papua ini. Sejak usia belia mereka telah ikut menjaga lingkungan.

Maksud pemberian pelajaran ini, diakui Pengawas Taman Kanak-Kanak dan SD Distrik Biak Timur, Nimbrot Morin, memang untukmengenalkan pentingnya lingkungan kepada para siswa sejak dini. Ia mengakui, setelah siswa mendapat pelajaran tentang mengelola lingkungan yang benar diharapkan sejak usia dini jiwa anak-anak sudah tertanam menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada di perairan laut Distrik Biak Timur maupun Distrik Padaido.

Distrik Biak Timur dan Padaiodo merupakan daerah yang menjadi kawasan program penanganan terumbu karang. Ia mengatakan mata pelajaran pengelolaan terumbu karang telah banyak memberikan manfaat kepada para murid maupun masyarakat sekitarnya. ''Para murid telah diajari cara mengelola ingkungan denganbaik,'' ujar Pak Nimbrot.

Sebagai contoh, lanjut Nimbrot, setelah mendapatkan mata pelajaran pengelolaan lingkungan, maka kesadaran siswa dalam menjaga kelestarian alamnya mulai tampak di antara sesama murid SD. "Siswa SD di Distrik Biak Timur ini sangat peduli dengan kondisi lingkungan sekitarnya setelah mendapat pelajaran pengelolaan menjaga lingkungan sekitarnya dan kehidupan terumbu karang," kata Pak Nimbrot.

Wilayah Distrik Biak Timur maupun Distrik Padaido ternyata telah dijadikan sebagai lokasi Taman Wisata Alam Laut lho. Luasnya mencapai 183 ribu hektare. Di sinilah terumbu karang dijaga kelestariannya. n ant

Apa Itu Terumbu Karang?

Jumlah terumbu karang di berbagai perairan di dunia terus berkurang. Di perairan pantai di wilayah Asia, terumbu karangnya bahkan diperkirakan akan hilang 30 persen dari jumlah sekarang. Salah satu penyebabnya adalah perubahan iklim. Penyebab lainnya, yang sekarang tampak adalah ulah manusia.

Kalian tahu kan apa itu terumbu karang? Kalau kalian suka ke pantai, bermain snorkeling kalian bisa ngelihat terumbu karang di dasar perairan. Terumbu karang merupakan 'hewan karang' yang bersimbiosis dengan zooxanhellae. Yang disebut terakhir itu adalah tumbuhan alga. Hewan karang yang masih kecil disebut polyp. Hewan karang berbentuk menyerupai batu beraneka rupa dan warna. Hewan ini merupakan pembentuk utama terumbu karang yang menghasilkan zat kapur.

Terumbu karang di laut bisa terlihat bergerak-gerak seperti hidup. Itu terjadi sebab terumbu karang itu masih lunak. Kalau yang keras, berarti zart kapurnya sudah banyak. Berbagai hewan karang, melaui proses yang cukup lama membentuk karang batu. Terumbu karang berfungsi melindungi pantai dari gelombang laut. Terumbu karang juga tempat hidup ikan-ikan. Diperkirakan ada sekitar 3.000 spesies makhluk laut yang hidup diterumbu karang di perairan Asia Tenggara.

Tercatat ada sekitar 354 jenis karang, yang termasuk ke dalam 75 marga. Luas terumbu karang di perairan Indonesia mencapai 60 ribu kilometer persegi lho. Terbentuknya, paling tidak sejak 450 juta tahun silam. Tapi, terumbu karang yang kondisinya baik hanya sekitar 6 persen.

Sumber : http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=292138&kat_id=253

ARTIKEL LAINNYA

Coremap Prioritaskan Empat Kegiatan Pengeloaan Terumbu Karang di Biak
Bupati: Bantuan Motor Tempel Untuk Kurangi Pengeboman Ikan
Tim Coremap Berdialog Dengan Peserta Pelatihan Pemantauan Terumbu Karang
Murid SD di Biak Diajari Kelola Terumbu Karang
Fokus Coremap Fase Kedua - Pengelolaan Terumbu Karang

<< Kembali

(c) Coremap