National Coremap | Home | Webmail | Kontak Kami | Buku Tamu
English Version
Diskusi
Links


Meta Data
Peta Kabupaten
Data Pokok Pembangunan Daerah
Perpustakaan
Video
Data Kepegawaian
Peraturan/Undang-Undang
Galeri Foto


Kegiatan
Kesehatan Karang
Sosial Ekonomi
CREEL
Riset Agenda Daerah
Pelatihan
 

Lain-Lain
Nias Panen Kepiting Bakau
16 April 2007

Pemerintah Kabupaten Nias akan tetap mendorong dan memperhatikan para petani, khususnya sektor pengembangan usaha perikanan, termasuk di antaranya usaha budidaya kepiting bakau di Kec. Sawo sebagai upaya meningkatkan pendapatan keluarga nelayan.

Bupati Nias Binahati B Baeha mengatakan itu saat melaksanakan panen perdana kepiting bakau melalui program Coremap II yang dikelola Kelompok Lembaga Pengelola Sumberdaya Terumbu Karang (LPSTK) binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Nias di Desa Lasara Kec. Sawo, belum lama ini. Hadir ketika itu, sejumlah anggota DPRD Nias antara lain, Adrianus Zega, Damili R Gea, Ronald Zai, Dalifati Ziliwu, Sinema Gulo, Kadis Koperasi, Hj. Mawarni Telaumbanua, Kadis Kelautan dan Perikanan, Yusman Zega, Camat Sawo, Tolona Zendrato serta tokoh masyarakat dan anggota LPSTK Desa Lasara Sawo.

Dia mengatakan pengembangan usaha budidaya kepiting bakau melalui program Coremap berbasis masyarakat telah menunjukkan hasil, walaupun harus diakui masih banyak kekurangan maupun kendala yang dirasakan kelompok LPSTK sebagai pelaku usaha budidaya kepiting bakau. Untuk itu, bupati mengharapkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Nias benar-benar memperhatikan dan memberikan pembinaan terhadap kelompok nelayan sehingga lebih mampu mengelola usahanya

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat nelayan lainnya menerapkan usaha pembudidayaan kepiting bakau secara swadaya tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah. Kadis Kelautan dan Perikanan, Yusman Zega menambahkan kelompok LPSTK yang telah difasilitasi di Kec. Sawo terdiri dari empat desa masing-masing Desa Sawo, Lasara, Sisarahili dan Sifahandro.

Disebutkannya bibit kepiting bakau sebelumnya didatangkan dari Kab. Langkat dan ditebar enam bulan sebelumnya. Diperkirakan hasil panen dari 20 kolam yang dikelola LPSTK Desa Lasara ini mencapai dua ton.(cbj) (wns)

 

Sumber : http://www.waspada.co.id/bisnis/berita/artikel.php?article_id=89482

ARTIKEL LAINNYA

Bupati Nias Minta Sosialisasi Coremap II
GEMPA DI NIAS DAN SIMEULEU TAK BERKAIT DENGAN GEMPA ACEH

<< Kembali

(c) Coremap