National Coremap | Home | Webmail | Kontak Kami | Buku Tamu
English Version
Diskusi
Links


Meta Data
Peta Kabupaten
Data Pokok Pembangunan Daerah
Perpustakaan
Video
Data Kepegawaian
Peraturan/Undang-Undang
Galeri Foto


Kegiatan
Kesehatan Karang
Sosial Ekonomi
CREEL
Riset Agenda Daerah
Pelatihan
 



SOSIAL EKONOMI
2008 - Pemantauan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Lokasi Coremap II, Kabupaten Wakatobi tahun 2008
14 April 2008

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu lokasi Coremap II di Indonesia Timur. Masuknya program Coremap ke Kabupaten Wakatobi didasari oleh pertimbangan bahwa di Kabupaten Wakatobi terdapat potensi ekosistem terumbu karang yang cukup besar yang dapat mengakselerasi pembangunan dan pada saat yang sama dapat meningkatkan pendapatan serta memperbaiki taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Namun sumberdaya tersebut sedang berada dalam kondisi terancam akibat kegiatan perikanan yang merusak, pertambangan karang, pertambangan pasir serta aktivitas manusia lainnya yang membawa dampak bagi ekosistem. Kerusakan ekosistem terumbu karang tentunya akan membawa dampak bukan hanya pada masyarakat lokal tetapi juga kelangsungan siklus kehidupan biota-biota laut yang menggantungkan hidupnya pada keberadaan ekosistem terumbu karang.

Dalam pelaksanaan Program Coremap perlu diukur tingkat keberhasilan program untuk mengetahui seberapa jauh program ini telah mencapai tujuannya. Untuk itu ditetapkan indikator yang menjadi standar pengukuran yakni indikator ekologis dan indikator sosial ekonomi masyarakat. Khusus untuk indikator sosial ekonomi, indikator keberhasilan programnya berupa: (1) Pendapatan dan jumlah penduduk yang menerima pendapatan dari kegiatan ekonomi berbasis terumbu karang dan kegiatan alternatif lainnya naik sebesar 10 % pada akhir program (tahun 2009), dan (2) minimal 70 % dari masyarakat nelayan di kabupaten program merasakan dampak positif Coremap terhadap tingkat kesejahteraan dan status sosial ekonominya.

Oleh karena itu untuk mengetahui tingkat keberhasilan Program Coremap maka pada awal dilaksanakannya program ini di Kabupaten Wakatobi tahun 2006, telah dilaksanakan study baseline (T0) sosial ekonomi di lokasi Coremap II Kabupaten Wakatobi oleh CRITC-LIPI dan lembaga lain yang dikontrak oleh pengelola Coremap II Kabupaten Wakatobi. Diharapkan dari kegiatan pengumpulan data dasar yang telah dilakukan, pengelola Coremap II tetap melanjutkan pemantauan kondisi sosial ekonomi masyarakat untuk memantau tingkat pencapaian tujuan dan daya serap program oleh masyarakat.

Sebagai upaya dari keberlanjutan pemantauan perkembangan Program Coremap maka pada tahun 2008 ini dilakukan kegiatan Pemantauan Kondisi Sosial Ekonomi

Masyarakat Lokasi Coremap II Kabupaten Wakatobi untuk melihat tingkat perkembangan (T1) pencapaian tujuan Coremap dan masukan bagi pihak pengelola untuk menyusun rencana lanjutan program.

Tujuan Kegiatan

1. Terlaksananya kegiatan Pemantauan Perkembangan Kondisi Sosial Ekonomi (T1) di lokasi Program Coremap II Kabupaten Wakatobi.

2. Mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat pada lokasi program serta dapat memberikan rekomendasi tentang langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pengelolaan sumberdaya alam dan manusia.

Hasil dan Dampak

a. Tersedianya data lanjutan (T1) mengenai aspek sosial dan ekonomi masyarakat pesisir di lokasi Program Coremap II Kab. Wakatobi.

b. Tersedianya data tingkat pendapatan perkapita di masing-masing lokasi program.

c. Diketahuinya model/cara pemanfaatan sumberdaya ekosistem terumbu karang yang dilakukan oleh masyarakat pesisir di Kabupaten Wakatobi.

d. Tersedianya informasi mata pencaharian alternatif yang dapat dikembangkan oleh masyarakat pesisir di Kabupaten Wakatobi Dampak yang diharapkan dari kegiatan ini yakni dalam jangka panjang dapat memacu perwujudan pengelolaan ekosistem terumbu karang secara berkelanjutan yang didasarkan pada karakter sosial dan budaya masyarakat sehingga diharapkan terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang dicapai tanpa melalui aktivitas yang membawa kerusakan bagi lingkungan.

Lokasi Penelitian

Mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan (T1) dari kegiatan pemantauan kondisi sosial ekonomi sebelumnya maka dari 40 desa/kelurahan yang termasuk dalam lokasi Coremap II di Kabupaten Wakatobi dipilih lokasi studi yang data T0- nya telah terhimpun. Namun karena desa/kelurahan yang data T0-nya sudah tersedia hanyalah Kelurahan Wandoka dan Desa Waha di Kecamatan Wangi-Wangi serta Desa Mola Selatan di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan maka untuk kecamatan lain ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama degan pihak PMU Coremap II Wakatobi dengan memperhatikan kriteria-kriteria :

Merupakan desa/kelurahan binaan Coremap II Kabupaten Wakatobi.

Ketergantungan masyarakat pada terumbu karang dan sumberdaya laut lainnya.

Keragaman sumber pendatapan masyarakat.

Keterjangkauan sehingga memungkinkan dalam pelaksanaan program dan pemantauan.

Dari kriteria tersebut maka lokasi penelitian yang dipilih yakni: Desa Balasuna (Kecamatan Kaledupa), Desa Langge (Kecamatan Kaledupa Selatan), Desa Lamanggau (Kecamatan Tomia), Kelurahan Patipelong (Kecamatan Tomia Timur), Desa Makoro (Kecamatan Binongko) dan Desa Waloindi (Kecamatan Togo Binongko).

 

Sumber : CRITC Wakatobi

Attachment(s)
NoFilenameSize
1 PEMANTAUAN_KONDISI_SOSIAL_EKONOMI.pdf    1398582 bytes  

ARTIKEL LAINNYA

Objek Wisata Wakatobi Dijual di London
Coremap II Wakatobi Dikujungi Tamu Penting
Merangkul Nelayan, Menyelamatkan Terumbu Karang
Bila Matahora Jadi Pintu Surga
Merawat Kekayaan Bahari di Kepulauan Tukang Besi
"Hanya karang mati di jalur pelayaran yang boleh ditambang."

<< Kembali

(c) Coremap